SPONSOR

SPONSOR

Sabtu, 11 Februari 2012

Pastikan, Anak-Anak Paham Dunia Internet untuk Internet Aman


               Posting Pastikan, Anak-Anak Paham Dunia Internet untuk perwujudan Internet yang ramah dan aman untuk anak-anak.  Internet yang ramah dan aman untuk anak-anak dapat diwujudkan dengan cara tersebut dimana orang tua atau pendamping sebaiknya memastikan anak-anak untuk memahamai dan mengerti betul dunia internet. Internet yang aman dan nyaman juga dapat membuat hati orang tua tidak was-was atau khawatir tentang apa saja yang dilakukan anak sewaktu berselancar di internet. Tentu saja, orang tua juga harus lebih pintar daripada anak sewaktu mengawasi biar tidak ada penipuan #anak ke ortu.

               Para orang tua harus memberi pengertian kepada anak-anak bahwa dunia internet mungkin berbeda dengan dunia fisik sehari-hari. Ingatkan anak bahwa :

1.      Orang di internet bisa jadi tidak seperti aslinya. Anda bisa memberi contoh bahwa di chat room / social networking mengaku gadis berumur 14 tahun padahal bisa saja itu bapak-bapak berumur 40 th. Aduh bisa ngeri jadinya.
2.      Segala sesuatu hal yang di baca di internet belum tentu benar. Terutama jika ada tawaran yang terdengar terlalu indah dari wujud aslinya. Teknik seperti itu dapat membantu perwujudan Internet yang ramah dan aman untuk anak-anak.
3.      Tidak harus menanggapi setiap pesan yang diterima lewat e-mail, chatting, forum interaktif lain. Terutama sekali, jangan pernah menanggapi pesan yang bernada merayu, menantang, atau membuat merasa tak nyaman. Minta anak agar memberitahu  jika mendapati pesan seperti itu.
4.      Doronglah anak dengan ramah untuk memberitahu situs apa saja (tidak semua) yang anak kunjungi saat berselancar di internet. Jelaskan situs-situs yang menarik sesuai umurnya dan yang mereka butuhkan. Jangan sampai anak berinternet ria dengan lama dan keluar dari tujuan awal.
5.      Jangan biarkan anak asal download. Walaupun memiliki ukuran file kecil. Dan pastikan jenis file itu sesuai umurnya. Banyak file cheats yang ditumpangi virus dan tak aman untuk PC anda.
6.      Jangan perbolehkan anak mempublikasikan identitas pribadi pada orang yang baru dan setengah kenal. Itu sangat tidak aman.

            Cara-cara Internet yang ramah dan aman untuk anak-anak diatas harus dilakukan orang tua dengan ramah. Jangan over protective dan terlalu lemah. Pelajari internet lebih dari anak supaya, anak dan ortu aman dan nyaman sewaktu di internet. Sekian Posting Pastikan, Anak-Anak Paham Dunia Internet untuk perwujudan Internet yang ramah dan aman untuk anak-anak dan diucapkan terima kasih, anda harus bantu saya dengan memberi saran dan komentar. .Terima kasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow… keren sekali blognya..sangat menarik dan bermanfaat!
Salam kenal, saya kak zepe
Saya juga punya sebuah blog yang banyak membahas tentang langkanya lagu anak di Negara kita.
Saya juga mempublikasikan karya2 saya lewat blog tersebut.
Sudah ada 80an lagu anak.
Mari berkunjung ke http://lagu2anak.blogspot.com

Dollar Gratis Setiap Hari, Sign up!