SPONSOR

SPONSOR

Jumat, 06 April 2012

Cara Mudah Menghilangkan Nyeri Punggung Karena Duduk Lama


Duduk terus, duduk terus, dan duduk terus. Memang itulah yang saya alami setiap hari. Entah kenapa manusia memang ditakdirkan untuk hidup seperti ini. Duduk dalam waktu yang lama juga menimbulkan efek samping, yakni munculnya keluhan nyeri di punggung. Sebelum penderitaan itu datang, risikonya bisa dilawan dengan beberapa langkah sebagai berikut.
                "Salah satu efek negatif dari kebanyakan duduk adalah punggung yang menekuk ke depan sehingga ototnya mulai bekerja dengan tidak efisien dan rentan cedera," kara Prof Donald R Murphy, ahli tulang dari Alpert Medical School of Brown University seperti dikutip dari Foxnews, Jumat (6/4/2012).

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya seperti disampaikan Prof Murphy adalah sebagai berikut.
1. Pilih tempat duduk yang nyaman
                Tempat duduk yang nyaman atau ergonomis harus bisa menopang rangka tubuh dalam posisi paling natural sehingga tidak ada beban berlebih di salah satu titik. Secara detail, konsep ergonomis bisa sangat bervariasi namun pada intinya harus memenuhi syarat sebagai berikut.

a. Pastikan tulang punggung dapat melengkung secara natural dan proporsional ke arah depan, tidak terlalu menyandar ke belakang
b. Sesuaikan sandaran tangan agar posisi lengan membentuk sudut paling ideal yakni 90 derajat
c. Kaki sebaiknya menapak ke lantai, punggung sedikit menekan ke sandaran kursi dan bahu harus selalu rileks
d. Tempat duduk harus sesuai dengan postur tulang punggung

2. Lakukan peregangan tiap 30 menit
                Jika sering duduk dalam jangka waktu sangat lama, lakukan peregangan tiap 30-60 menit untuk mengurangi resiko sakit punggung. Gerakan peregangan bisa meniru gerakan-gerakan senam, atau jika malu cukup berdiri lalu berjalan-jalan keliling – keliling maka otot punggung sudah sedikit meregang.
                Jika memungkinkan, sesekali turun ke lantai lalu ambil posisi yoga yang disebut "the cobra". Posisi ini dimulai dengan tengkurap, lalu tangan menekan ke lantai sehingga bahu dan kepala terangkat, namun perut dan pinggang tetap menempel di lantai.
3. Kendurkan otot secara berakala
                Para ahli kesehatan menyarankan agar di sela-sela mengetik, sekali waktu tangan harus diistirahatkan dengan memindahkannya dari keyboard ke pangkuan selama beberapa detik saja. Kalau itupun tidak sempat karena terlalu sibuk, sesekali angkat bahu lalu turunkan lagi dan ulangi beberapa kali.
4. Perkuat core atau inti tubuh
                Aerobik adalah cara paling efektif untuk melawan risiko nyeri punggung akibat terlalu banyak duduk, sebab latihan ini banyak melibatkan otot core atau bagian inti tubuh. Core atau boleh disebut postur tubuh harus kuat agar punggung tidak mudah sakit, karena sangat membantu tulang punggung menopang berat badan.

5. Minum air dan rileks
               
                Minum air mampu menetralisir panas tubuh dan menjadikan otot-otot yang tegang menjadi lebih renggang. Selain itu, air juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Cara lain adalah membuat sugesti atau pikiran ada diri kita sendiri yang santai dan rileks.

                Sekian posting Tips Cara Mudah Menghilangkan Nyeri atau Lelah di Punggung Karena Duduk Lama. Satu pesan saya,  tetap sopan untuk melakukan segala aktivitas. Terima kasih !

Labs : tips cara mudah menghilangkan nyeri punggung, cara mudah menghilangkan nyeri punggung , cara mudah menghilangkan nyeri punggung karena duduk duduk lama , tips mudah , cara mudah anti nyeri punggung , hilangkan nyeri punggung , mengatasi sakit punggung karena duduk , mengatasi  sakit nyeri punggung  karena duduk kebanyakan , tips cara menghilangkan sakit nyeri punggung karena kebanyakan duduk lama , tips cara anti nyeri punggung kebanyakan duduk

1 komentar:

Obat Herbal Penyakit Kista mengatakan...

sya juga bekerja full 8 jam,,terkadang sakit sekali punggung walau baru duduk berapa jam..:)

Dollar Gratis Setiap Hari, Sign up!